Selasa, 03 Januari 2012

Sejarah agama islam

SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA

  Peruses pengislaman orang-orang Indonesia tidak dilakukan dengan peperangan atau penaklukan oleh pasukan islam dari luar Indonesia,akan tetapi melalui jalur perdagangan.dengan ajakan yang penuh hikmah dan teladan yang baik,banyak teman dagang beserta keluarga memeluk agama islam secara suka cita dan suka rela.
 Dengan demikian islam dating di Indonesia bersamaan dengan datangnya pedagang ARAB islam masuk ke Indonesia melalui 2jalur,yaitu sebagai berikut :
1.    Jalur utara adalah arab (mekah&madinah)
demaskus,bagdad,Gujarat,pantai baru india,srilanka,Indonesia.
2.   Jalur selatan arab (mekah&madinah) gama,Gujarat,srilangka,Indonesia.
  Masuknya agama islam ke Indonesia ada beberapa pendapat dari para ahli antara lain:
1.    Zaenal arifin abbas mengatakan,agama islam masuk ke Indonesia abat ke-17 (tahun 684M)
Pada tahun ini datang seorang pemimpin arab ke tiongkok dan sudah mempunyai pengikut di sumatera utara.
2.    keDr.hamka mengatakan,agama islam masuk ke Indonesia pada tahun 674 M berdasarkan  catatan tiongkok,saat itu datang seorang utusan raja arab tacheh (kemungkinan muawiyah dan abu sofyan) ke kerajaan holing (kalingga) untuk membuktikan keadilan,kemakmuran,dan keamanan pemerintahan ratu sima di jawa.
3.   Drs.junied parinduri,agama islam masuk ke Indonesia pada tahun 670M/48H karea di bairus tapanuli didapatkan sebuah makam yg berangka Haa-Miim yang berarti tahun 48/670M
4.   Dalam seminar tentang masuknya islam di Indonesia di medan tangal 17-20 maret 1963,mengmbil kesimpulan bahwah islam masuk ke Indonesia pada abad 1H/abat7M langsung dari arab. Agama islam dikembangkan oleh para sauda gar muslim yg juga bertindak sebagai mubalig,dilakukan secara damai dan kekeluar gaan (jadi,berdagang sambil ber dakwah).

1. KERAJAAN SAMUDRA PASAI (DI SUMATRA)
 Kemunculansebagian kerajaan islam di perkirakan pertengahan abat   ke-13M (thn 1292M) sebagian hasil peruses islamisa di daerah-daerah pantai yg pernah di singgahi oleh para pedagang muslim sejak abat ke-7 M.raja pertamanya adalah Al-malik As-saleh. Sebelum menjadi raja ia bernama merah sile/merah selu. Setelah menjadi raja pasai bergelar as saleh.

2. KERAJAAN ISLAM ACEH DARUSSALAM (SUMATRA)
 Kerajaan islam aceh Darussalam berdiri abat 15M. pendirianya ali mughoyat syah,ia meluaskan wilayahnya ke daerah pidie yg bekerja sama dengan portugis menaklukkan kerajan pasai tahun 1524.
   Puncak kekuasaan kerajaan islam aceh Darussalam terletak pada masa sultan iskandar muda (1608-1637).pada masanya, islam menguasai seluruh pelabuhan di pesisir timur dan barat sumatera.

3. kerajaan islam demak (jawa)
  Kerajaan islam didirikan atas prakarasa wali sang, di bawah pimpinan sunan ampel. Ia  mendapat gelar senopati jembun ngabdurahman panembahan Palembang sayidin panatagama. Daerah ini semakin lama menjadi daerah yg ramai dan pusat perkembangan agama islam yg diselenggarakan para wali. Raden raden patah adalah anak raja majahpahit dari ibu keturunan campa,ia dig anti anaknya yg bernama pati unus atau pangeran sabarang lor.setelah ia menduduki raja ia mengadakan serangan terhadap malaka ,semangat perangnya makin memuncak ketika malaka ditaklukkan portugis thn 1511M,tapi mengalami kegagalan karena kuatnya pasukan portugis.
 Akhirnya ia kembali tahun 1513M pati unus digantikan sultan trenggono yg dilantik sunan gunung jati dengan gelar sunan ahmad badul arifin. Ia memerintah tahun 1524-1546M pada masanya islam berkembang sampai di Kalimantan selatan.

4. KERAJAAN ISLAM PAJANG (JAWA)
  Kesultanan pajang merupakan kelanjuatan dari kerajaan demak. Sultan pertama jaka tingkir berasal dari pengambilan alih. Ia ia diberi gelar sultan adiwijaya tahun1531m ia mendapat pengakuan dari raja jawa sebagai raja isalm. Sepeninggalan sultan adiwijaya tahun 1587M, kedudukannya diganti oleh aria panggiri anak prawoto.anak sultan adiwijaya yaitu pangeran benowo diberi kekuasaan dijipang, tetapi ia mengadakan pemberontakan kepada aria panggiri yg mendapat bantuan dari senopati mataram. Usahanya berhasil. Ia memberikan tanda terimakasihnya kepada senopati berupa hak atas warisan ayahnya ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar